Rabu, 30 Oktober 2019

Sebelum Sukses dengan Gojek Nadiem Pernah Gagal Tiga Kali

Tarif Jalan Tol Cipularang serta Padaleunyi Naik Rp 500-Rp 7.000

, Jakarta -PT Layanan Marga (Persero) Tbk lakukan rekonsilasi biaya jalan tol di Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) serta Jalan Tol Padalarang- Cileunyi (Padaleunyi). Direktur Operasi II Layanan Marga, Subakti Sukur, menjelaskan rekonsilasi biaya tol berlaku pada 15 Februari 2018 jam 00.00. Mengenai kenaikan biaya tol Cipularang ada pada angka Rp 500 sampai Rp 7.000. Selain itu untuk kenaikan di Tol Padaleunyi dari mulai Rp 500 sampai Rp 1.000.

Rekonsilasi biaya itu dilandasi oleh pergerakan inflasi di daerah Bandung, katanya waktu Pertemuan Wartawan Rekonsilasi Biaya Jalan Tol, di Kantor Pusat Layanan Marga, Jakarta, Kamis, 8 Februari 2018.

Subakti menjelaskan besaran inflasi periode Oktober 2015 sampai September 2017 di daerah Bandung, mengacu pada Surat dari Plt. Direktur Statistik Harga No. B.278/BPS/6230/SHK/10/2017 tanggal 5 Oktober 2017, yakni sebesar 6,30 %.

Mengenai rekonsilasi biaya jalan tol sesuai Ketetapan Menteri PUPR No. 97/KPTS/M/2018 Mengenai Rekonsilasi Biaya Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang serta Ketetapan Menteri PUPR No. 96/KPTS/M/2018 Mengenai Rekonsilasi Biaya Jalan Tol Padalarang-Cileunyi.

Tetapi, Subakti menjelaskan, untuk ruas Tol Padaleunyi ini tidak semua alami kenaikan pada tiap kelompok. Biaya tol pada ruas ini tertera alami rekonsilasi rata-rata Rp 500 untuk kelompok I serta Rp 1.000 untuk kelompok II ke atas, katanya.

Dia mengutarakan rekonsilasi biaya jalan tol dikerjakan tiap 2 tahun sesuai Ketetapan Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) yang ditata dalam Undang-Undang No. 38 tahun 2004 Klausal 48 ayat 3 mengenai Jalan Tol.

Rekonsilasi biaya tol itu dikerjakan oleh BPJT, berdasar biaya lama yang sesuai dengan pergerakan inflasi di daerah tersendiri, katanya. Subakti menjelaskan biaya tol awal dihitung berdasar potensi bayar pemakai jalan tol, besar keuntungan ongkos operasi kendaraan, serta kelayakan investasi.

Subakti mengutarakan, dalam sesuaikan biaya jalan tol pada ke-2 ruas jalan tol itu, Layanan Marga sudah tingkatkan pemenuhan tanda Standar Service Minimum (SPM) yang mencakup keadaan jalan tol, kecepatan menempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas keselamatan, unit pertolongan/pengamanan serta pertolongan service, dan kebersihan lingkungan atau kelaikan tempat istirahat serta service (TIP).

Upaya-upaya perbaikan yang sudah dikerjakan salah satunya yakni menambahkan lajur, penambahan kemampuan serta service transaksi, penambahan keadaan fasilitas pendukung jalan tol, penambahan service serta fasilitas prasarana jalan raya, memberi service info yang berbentuk real time.

Beberapa usaha penambahan service yang dikerjakan oleh Layanan Marga buat ruas Cipularang sampai akhir 2018 salah satunya meningkatkan dua gardu pada Gerbang Tol (GT) Buah Batu, menambahkan lajur Ruas Buah Batu-Cileunyi Jalan A selama 12 Km, dan perbaikan serta estetika jembatan pada Ruas Jalan Tol Padaleunyi.

Ada juga perubahan lampu PJU (lampu SL) jadi lampu LED, perlakuan kubangan pada Km 130+600 Jalan A serta B Ruas Padaleunyi, perbaikan GT Pasirkoja, GT Kopo, serta GT Moh. Toha, menguatkan lereng Km 91 serta Km 92 pada Ruas Jalan Tol Cipularang, dan tingkatkan service serta fasilitas prasarana jalan raya yang lain.

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar